Novel Syahadat Cinta

February 28, 2008 at 5:03 am 45 comments

Novel Sahadat Cinta ini dikarang oleh Taufiqurrahman al-Azizy. Syahadat cinta merupakan bagian pertama dari trilogi “Makrifat Cinta”. Wah semuanya tentang cinta nih.. Emang bener semuanya tentang cinta, entah cinta terhadap Allah, cinta terhadap sesama manusia, ataupun makhluk lainnya. Trus gimana ceritanya, bagus nggak?? Oke-oke, sabar bro…

Jadi gini, novel ini menggunakan sudut pandang pertama, jadi bagiku sendiri, itu udah nilai plus, coz bacanya lebih nyaman, seakan-akan tokoh utamanya aku sendiri. Tokoh utama dalam novel ini yaitu Iqbal Maulana. Ia merupakan anak konglomerat –duit bokapnya pasti banyak-. Karena merasa telah memiliki semuanya maka iapun bisa bertingkah dengan semaunya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Setiap malam ia pun selalu ke diskotik, dimana ada penari striptis, ia pun berada disana. Ibaratnya, semua kenakalan remaja sekarang ada padanya. Tapi cuma satu yang ia nggak pernah lakukan, yaitu pacaran, apalagi ciuman.. wihh…

Oh ya, ia begitu kasar terhadap semua orang. Hanya satu yang membuat hatinya luluh yakni ibunya sendiri. Bahkan saat ibunya menyuruhnya untuk merawat tanaman anggreknya, ia pun menurutinya –wah jagoan ternyata merawat bunga-. Kemudian ada kejadian yang membuat hidupnya berubah.

Saat itu ia mengetahui bahwa anggreknya layu, ia pun segera mencari pelaku yang telah membuat layu anggerk tersebut. Semua tukang kebun, dan pembantunya pun dimarahi. Ia pun putus asa. Ia marah dan pergi meninggalkan rumah.

Ia pun pulang dalam keadaan mabuk. Ibunya pun mendekatinya namun iqbal mendorongnya sehingga ibunya jatuh dari tangga. Ia pun tidak sadar dan tertidur di kamarnya. Paginya ia mengetahui bahwa ibunya sakit.. wah iqbal panik. Ia pun merasa sangat menyesal.. ia pun sadar akan kesalahannya. Ia pun teringat bahwa anggreknya layu karena memang seharusnya sudah layu. Ya, semua makhluk pasti akan mengalami kematian.. saat itulah ia berniat akan bertobat.

Itulah mukadimah dari nover ini… ceritanya masih sangat panjang… novel ini memiliki tebal 520 halaman… lalu kelanjutannya gmana? Sabar, tapi aku Cuma critain yang bagiku berkesan banget oke…

Diapun ingin tobat, ibunya menyarankan agar dirinya menjadi santri di pesantren blablabla –aku lupa namanya- di daerah Solo.. nah slama dua bulan disana dia Cuma jadi pengangkut air,, nggak sekalipun ia diajarkan ngaji. Waduh gmana nih, ngaji, solat, wudhu blom bisa, kapan diajarinnya?. Dia pun berbicara dengan kyai sepuh, tapi ia malah disuruh ngambil air lagi selama dua bulan kedepan.. dia pun mengikutinya. Di dekat telaga –tempat biasa ia duduk sambil menikmati keindahan alam- ia uring uringan sendiri.

Dan tiba-tiba ada gadis yang memanggilnya. Ia pun kaget setengah mati. Mereka pun bertengkar sengit. Gadis itu pun ia maki-maki habis-habisan. Dan akhirnya gadis itu menangis dan lari dari hadapannya. Ia pun merasa menang. Huh Iqbal dilawan…

Dan ternyata apa?? Gadis itu adalah putri kyai Subada –pemilik pesantren-. Ia pun kalang kabut. Akhirnya ia pun pergi meninggalkan pesantren dan meninggalkan surat untuk gadis itu. Ia merasa kini jadi pengecut sejati…

Ia pun tidak tahu harus pergi kemana. Selama perjalanan ia banyak berkenalan dengan orang. Seperti Khaura gadis SMA dan Pricillia gadis kristen. Ia pun berkenalan dan menolong seorang pengemis (ibu jamillah). Nah disinalah ia mulai banyak belajar agama. Ia pun belajar baca alguran dengan Irsyad (anak ibu jamilah). Padahal Irsyad masih SMA, tapi ia tidak malu. Oh ya ia pun memborong buku agama di toko buku. Setiap hari ia beli 10 judul buku dan ia baca semuanya. Ia pun banyak berdiskusi dengan Pricillia tentang agama masing-masing, walaupun sebenarnya iqbal masih sangat sedikit tahu tentang Islam.

Ia pun memutuskan untuk tinggal bersama Irsyad di rumah reyotnya, padahal sebelumnya ia telah mencari hotel mewah. Wah keren… Oh ya, tiba-tiba ia di tuduh sebagai pelaku teroris,, ia pun ditangkap. Namun ia pun dibebaskan dengan jaminan dari ibu jamilah dan Pricillia. Oh ya, ia pun terkenal karena semua surat kabar membritakannya.

Ia pun ditambah senang karena setelah ia kembali ke rumah ibi jamilah, pricillia bersyahadat dan masuk Islam.

Setelah kurang lebih 14 hari meninggalkan pesantren ia pun memutuskan untuk kembali dan meminta maaf kepada aisyah (gadis yang ia maki-maki) karena memang ia telah berjanji akan kembali.

Kemudian ia pun meminta maaf kepadanya.. wah masalah dengan aisyah beres, tapi bagaimana dengan kyai subadar ayahnya, atau kyai sepuh? Ternyata mereka mencari iqbal untuk memastikan bahwa yang diberitakan di media masa adalah santrinya…

Setelah mereka pulang, akhirnya Iqbal pun meminta maaf kepada mereka. Oh ya sekembali nya iqbal ke pesantren, kini ia telah bisa berwudhu, sholat, dan baca qur’an. Ia pun kini tidak merasa rendah diri.Dan akhirnya dia pun jatuh hati kepada Zaenal, santriwati di pesantren itu….

Nah inilah bagian yang bagi aku cukup menyentuh:

Suatu saat rasa cintanya sudah tidak terbendung, ia memutuskan nekad untuk menemui zaenal di asrama perempuan –padahal nggak boleh- . Ia pun bertemu dengannya di halaman asrama. Ia mengungkapkan isi hatinya.

Tiba-tiba ada suara “mas Iqbal..mas Iqbal”. Terdengar ada suara gadis yang memanggilnya dari belakang. Dan terdengar gedebuk. Ada suara orang yang terjatuh. Iqbal pun menengok ke arahnya. Ternyata itu Pricillia, iqbal pun segera mendekatinya dan menyandarkan tubuhnya di atas dadanya.

“Mas Iqbal… alhamdulillah… Ya Allah Engkau telah mengijinkanku bertemu dengan mas Iqbal”. Air mata iqbal pun bercucuran sebab wajah pricillia lebam, penuh luka, dan kebiru-biruan. Kedua matanya bengkak dan goresan menganga di keningnya. Darahnya mengalir dari goresan itu.

“zaenab, cepat ambilkan balsem” perintah Iqball. Zaenab pun berlari ke asrama. Iqbal pun mengusapkan darah di keningnya. Iqbal membaca Al fatihah berkali-kali dan berdoa kepada Allah untuk membangunkan Pricillia dari pingsannya.

Akhirnya pricillia pun tersadar, dia menangis. Tangisannya menyayat hati Iqbal. Diusapkannyalah darah yang mengalir itu, seakan-akan darahnya sendiri yang mengalir. Darahnya mengalir seiringan kucuran air mata Iqbal.

Kemudian Zaenal datang. Bersama santri putra ia pun di teriaki :

“Usir Iqbal!!”

“Bunuh dia, darahnya halal untuk dibunuH!”

Hal itu mereka teriaki karena melihat Iqbal sedang memeluk Pricillia di halaman asrama perempuan. Iqbal pun diseret, dipukuli dan dihajar habis-habisan. namun ia hanya tersenyum. Hanya dua hal yang ia pikirkan yaitu keadaan Pricillia dan nasib cintanya pada Zaenal.

Ia pun diadili. Ia di interograsi kenapa ia bisa berada di asrama putri, kenapa ia pernah berduaan di belakang pesantren bersama aisyah, dan kenapa ia menyandarkan tubuh pricillia ke dadanya. Ia pun menjelaskan apa yang ia yakini benar dan tidak menyimpang dari Islam.. Karena perbedaan pendapat dengan pesantren ini ia pun diminta untuk pergi meninggalkan pesantren. –kalo mau tahu pendapat-pendapatnya, baca novelnya, okey-.

Yah, begitulah sedikit bagian dari novel Syahadat Cinta ini. Cukup bagus, tapi jujur ajah, saya kurang suka dengan covernya.. mungkin karena ada gambar laki-laki disitu?? Tapi kayaknya gambar itu bukan iqbal, iqbal itu digambarkan sebagai pemuda yang tampan…. he-he…

Ok sekali lagi… baca novelnya,, bye…

Entry filed under: novel. Tags: , , , .

Novel Ketika Cinta Bertasbih – episode 2 Sinopsis Novel Musafir Cinta

45 Comments Add your own

  • 1. Mew  |  March 10, 2008 at 8:37 am

    Aq jg udh bc syahadat cinta.tp bcny selewat2 hbs udh kadung sebel ni novel kyanya memiripkan diri dgn ‘the phenomenon’ AAC.udh gt agak maksa crtnya.agak menggurui jg g sehalus AAC.g bgt dh.bagi yg lom b2 gag ush bl.drpd gondok ky gw

  • 2. dantecurse  |  March 13, 2008 at 7:57 am

    memang benar kini banyak bermunculan novel-novel sejenis Ayat-ayat Cinta, tapi bukankah itu hal yang bagus?? jadi kini banyak novel yang setidaknya memberi nilai positif kepada pembacanya…

  • 3. Orang Cililin  |  March 26, 2008 at 8:01 am

    Dan akhirnya dia pun jatuh hati kepada Zaenal, santriwati di pesantren itu….

    Zaenal apa Zaenab?

  • 4. dantecurse  |  March 27, 2008 at 3:01 am

    hehe yang bener zaenab

  • 5. Okta_ank pati  |  April 5, 2008 at 5:41 am

    Siapa bilang ni novel memiripkan dgn AAC? Aku ngrasa beda koq? ini ngisahin realita laki2 yg emang bs dibilang “mau ngapain lagi kalo semua udh pny?’
    SALUTT bgt dgn caranya menghargai perempuan,gmn dia menekan emosinya,atw bahkan gejolak ingin taunya ttg “hubungan” dgn perempuan,g skdr ngisahin laki2 yg lurus2 aj kyk AAC.
    But, ending-e koq agak maksa y?ap mesti berakhir dgn si Iqbal jd terkenal? dtunggu karya2 islami yg berkualitas…..

  • 6. novifalisah  |  May 15, 2008 at 8:04 am

    aku juga uda membacanya bagus banget mendidik, akan kusimpan bukunya untuk anak cucuku kelak agar mereka juga jangan bertindak yang menyesatkan, jadi anak yang soleh dan saliha n berbakti kepada ayah bundanya amin moga valerian yazid dzikra putra ku menjadi anak yang baiiiik amiiin

  • 7. novifalisah  |  May 15, 2008 at 8:05 am

    tapi bukunya gampang lepas bagusin dong percetakkannya

  • 8. ibna  |  June 8, 2008 at 3:02 am

    menurut aku,jalan ceritanya ckp menarik&menambah pengetahun kita tentang suatu kehidupn diluar sana.bahwa ada kisah lain diluar sana yg lbh menyentuh jiwa.

  • 9. maulana  |  June 17, 2008 at 1:37 pm

    aku mau naya dunk…
    seri kedua dari novel syahadat cnta apa ya?
    ku dah baca, and critanya lumayan seru..
    ku penasaran nih…

  • 10. Ika ratnawati  |  July 7, 2008 at 11:27 pm

    Aku pernah baca novel sejenis AAC, pengarangnya juga pake nama pena mirib kang abik, tp ceritanya kok gimana gitu, baru dapet 1/3 buku udah g’ seru kayaknya, jadi aku masukin lemari dech!
    Kalo syahadat cinta ini, g tau deh! Pengennya sih beli. Tapi takutnya kayak yang kemaren2,
    udah repot ngerogoh kocek dalem2, ga dibaca…. Pusssing, gimana…. Tolong… Dong…. Sarannya………………,……,…………………………..

  • 11. kobenkeren  |  August 7, 2008 at 2:46 am

    nunggu E-BOOKnya aja AH……nyesel kemarin beli KCB 1, eh ternyata udah ada e-booknya di INTERNET..yang punya E-BOOKnya di SHARE dong… :)

  • [...] Dalam perjalanannya melarikan diri inilah Iqbal mendapatkan pengetahuan tentang Islam, tanpa harus mengambil air setiap hari. Iqbal tinggal di rumah seorang pengemis dan banyak mengambil pelajaran dari keluarga pengemis tersebut. Cerita lebih lengkap silahkan dibaca di sini. [...]

  • 13. kafirun  |  September 1, 2008 at 10:37 am

    gw kalo liat novel-novel islam gimana gitu !!!
    kenapa sich harus selalu melibatkan tokoh lain dan agama lain ?? kenapa coba ??? apa nggak bisa apa semua novel islamic jangan melibatkan agama lain kaya dicerita AAC dan novel ini,,,!!!
    Sama aja novel ini sebenarnya dari sudut pandang agama memaksa dan meng-islamkan seseorang seperti Pricillia dan jg di novel AAC, sebenarnya cerita-cerita seperti ini dipandang bodoh sama orang yang berintelektual tinggi bukan dipandang dengan cara agama yang menyenangkan hati orang islam aja.

    ok makasih buat waktunya

    by
    kafirun

  • 14. ahmad soleh saeful bukhori  |  September 3, 2008 at 3:13 pm

    assalamu`alaikum…slm knl bwt smuanya,,aq dah bc novel trilogi ma`rifat cinta smpe bk ktiganya…aq stju bget klo novel itu diangap ga msk akal.ga mgkn dlm wktu 10 hri bs m`hfal bcaan shlt dan hadist dan baca bk sebnyk itu.dlm novelnya ustd.taufiqurrahman memberi kritik tentang pengarang lain yang tdk masuk akal sementara anda juga membuat karya yang tidk masuk akal.tlg introspeksi diri anda.

    terima kasih…
    wassalamu`alaikum…

  • 15. ahmad soleh saeful bukhori  |  September 3, 2008 at 3:20 pm

    tp di dalam novel trilogi makrifat cinta terdapat banyak ilmu yang manfaat untuk aq ambil seperti petikan hadist rosululloh dan ayat – ayat al – qur`an.terima kasih…

  • 16. tinisyifa  |  October 4, 2008 at 3:01 am

    perasaan namanya zaenab dech , bukan zaenal :D

    hmmm kalo makrifat cinta mah emang menggambarkan sosok rebutan banget, ke PD an lagi bisa dapet ukhty2 yang istiqomah…

    hehehe au ah , namanya juga cerita fiksi , kita ambil baiknya aja.

  • 17. seti  |  October 21, 2008 at 1:09 pm

    Assalamu alaikum….. Siapa punya E-book ketika cinta bertasbih tolong kirim ke email saya.

  • 18. dinda  |  March 10, 2009 at 7:16 am

    iihhhhh….. w suka bgt sama ni novel.ya wlaupun w telat bacana.w suka dgn karakter iqbal.
    tp kok zaenal ya bkn zaenap.hehehehehe.

  • 19. indra  |  March 11, 2009 at 9:43 am

    w jg ska ma nih novel… apalagi pas iqbal kabur dari pondok…
    tapi bner endingnya agak mengecewakan…….

  • 20. Rizky herlambang  |  April 28, 2009 at 3:39 am

    wah…. aq suka bngt ma novel ini….. Ceritanya good deh ….
    aq suka sama karakter Iqbal….titip salam ma penulis’a..yach okkkkkkkkk……!!!

  • 21. eRni bhuleudh  |  May 1, 2009 at 5:12 am

    novelnya bagus….
    tp chayang,,,, filmnya ga bangeeeeeeeeeeetzzzzzzzzzzzzzzzzz pemeran2nya ga menarik

  • 22. maher  |  May 4, 2009 at 3:15 pm

    saya orang malaysia…dan saya amat menyukai ayat-ayat cinta (novel dan filem) dan ketika cinta bertasbih…ya, walaupun namanya ada cinta, tapi isi kandungannya bagus. Tapi selepas ini harap tidak ada label cinta lagi.

    saya cuba menonton filem syahadat cinta, ternyata banyak kepincangannya. kalau ingin dikatakan, syahadat cinta lah yang mengeksploit tema agama (e.g. bagaimana anak itu boleh disuruh angkat air sebelum diajar solat?)

    saya agak kecewa.

    kalau nak satu filem religi yang bagus…saya akan cadangkan Perempuan Berkalung Sorban.

  • 23. maher  |  May 4, 2009 at 3:31 pm

    huhuh..tadi itu saya tak tengok habis lagi….
    tapi rasanya kena fikir jauh lagi, baru boleh cerita…
    mungkin, syahadat cinta ada bagusnya.

  • 24. zIe  |  June 13, 2009 at 9:08 am

    aQ c lom baca novel nya sama skali,,baru pertama kali baca artikelnya disni.

    eitss….tapi

    aQ ud pernah liat filmnya.
    mskipun g sepenuhnya sama dengan critanya dinovel,tapi asliiiii BAGUS bgt.

  • 25. sinta dewi  |  September 12, 2009 at 3:20 am

    syahadad cinta sih bagus pastinya walaupun aku belum pernah nonton mpek penuhtapi yakin ajalah dijamin bagusnya!!!!

  • 26. intan kumalasari  |  March 26, 2010 at 1:19 pm

    critanya bgus bgt.q smpk lpa wktu dech.wlaupun tbel bgt bku’a tp gk bkn bsen.q jd pngen bca trus dch,ehm coz crita’a menghrukan

  • 27. rahman  |  May 12, 2010 at 2:54 pm

    film syahadat cinta ini bgs, tp saya gk ngerti pas di akhir film ini, kyk gantung. saya mau nanya, si iqbal tu akhirnya kawin ma siapa?

  • 28. Chaca  |  May 31, 2010 at 11:56 pm

    mNrut saya syhdat cinta nech sngat2 bgus, crita seorg iqbal sngat pnrut trhdap ibunya, tu ptut d cntoh…film syahadat cinta sngat brbda dgn AAC,Lbh bGuz syahadat cinta dri pda AAC…..thanx

  • 29. ida  |  August 2, 2010 at 2:29 am

    assalamu’alikum……
    q seneng ma ceritax…. bgus kok.
    oh ya temen-temen salam knl ri q yach

  • 30. Ardi  |  December 17, 2010 at 3:15 am

    enx,, Ea syahadat Cinta,,
    wahh…. Da gA’ niC yg Laen …//
    pa Lgi noVeL yG tntAng ciNta…..

  • 31. putri  |  April 16, 2011 at 8:19 am

    i like this novel.novel ini banyak pengajaran tentang islam nya.terharu baca nya,sampe sampe nangis lagi bacanya :)

  • 32. Nun  |  May 28, 2011 at 12:36 am

    bagus bangett critanya.. menyentuh.. Oy tp rsensinya kq salah nama y? ZAenab bukan zaenal.. hehehe kalo zaenal itu nama laki”…^^

    Oy thanks y? udah bantu resensiq mengingatkan nama “Khaura”.. coz duluuu banget aq mbacanya jd mau ngresensi lupa decH dng. namanya..

  • 33. deby  |  June 18, 2011 at 5:19 pm

    syahadat cinta syariat banget

  • 34. afridiana  |  July 1, 2011 at 9:18 am

    ya, walaupun disini saya paling telat membacanya, krn saya fikir mmbaca 520 hlaman itu hanya membuang2 wkt. tp trnyata isinya banyak mngandung makna. jika diizinkan, aku ingin pnya tman, sahabat, atau lebih dari itu. krn dia tokoh yang amat saya idolakan. :-)

  • 35. afridiana  |  July 1, 2011 at 9:20 am

    ya, walaupun disini saya paling telat membacanya, krn saya fikir mmbaca 520 hlaman itu hanya membuang2 wkt. tp trnyata isinya banyak mngandung makna. jika diizinkan, aku ingin pnya tman, sahabat, atau lebih dari itu.(tokoh Iqbal) krn dia tokoh yang amat saya idolakan.

  • 36. mey  |  July 12, 2011 at 8:50 am

    sy suka sekali membaca novel syahadah cinta, TOP bgtzz, gk bosen2 meskipun tlah dibaca berulang kali……….
    .

  • 37. Anonymous  |  March 4, 2012 at 3:14 am

    q suka banget ma filmx syahadat cinta,,,,,,,,,,,,,,

  • 38. Renita  |  June 30, 2012 at 12:52 am

    aku belum nnton film nya. Tpi alhamdulilah novelx sdh baca. dan ketika saat” kesepian mencengkram saya membaca dengan air mata yg berlinangan.. subhanallah

  • 39. Anonymous  |  July 26, 2012 at 1:34 pm

    juan kpan nh kelanjutan novelnya dh ga sbar nh

  • 40. matraya  |  July 29, 2012 at 5:25 pm

    aku udah nonton filmnya,,,, ceritanya begitu indah,,,,menurutku film ini menambah moral dalam bercinta dan juga menambah iman,islam dalam bercinta

  • 41. devie  |  September 5, 2012 at 2:52 pm

    mana kurang lengkap kurang puas…..

  • 42. burhan.andrs  |  October 26, 2012 at 1:56 am

    bagian puisixa gmna..???

  • 43. Ridwan Sonjaya  |  December 27, 2012 at 1:38 pm

    hebat bisa bikin novel…

  • 44. fiaans  |  August 18, 2013 at 12:49 pm

    Reblogged this on fiaans and commented:
    syahadat cinta

  • 45. Dhally Menunggumu  |  October 17, 2013 at 10:33 pm

    memberikan aspirasi………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 307,236 hits
February 2008
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Dukunganku Untuk :

Image Image

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: