Sinopsis Novel Musafir Cinta

March 1, 2008 at 1:46 pm 62 comments

                Melanjutkan novel Syahadat Cinta pada trilogi Makrifat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy, Iqbal pun pergi meninggalkan pesantren Tegal Jadin. Namun ia bingung harus pergi kemana. Tidak mungkin apabila ia harus kembali ke Jakarta. Dan kemudian dengan berkata  Basmalah, ia pun melangkah pergi menjadi seorang musafir…

Ia pun segera naik bis jurusan Solo-Purwokerto. Namun, ia tetap tidak tahu kemana tujuannya itu. Di dalam bis, ia melihat seorang perempuan berjilbab. Dan seorang pemuda pun duduk di sebelahnya. Tak lama kemudian pemuda dan perempuan itu mulai berkenalan.  Iqbal mendengarkan pembicaraan mereka karena memang jaraknya sangat dekat. Dan tanpa disangka-sangka, mereka kian dekat, bahkan sang perempuan pun menyandarkan kepalanya kepada sang pemuda itu, padahal perempuan itu berjilbab. Mereka pun saling berpegangan dan semakin bermesraan. Wah-wah udah mulai nggak bener nih…

Iqbal pun teringat pada sebuah ayat AlQuran yang berbunyi:

                “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga). QS. An-Nur:26.

Ia pun teringat akan Aisyah. Ia teringat akan tudingan para sahabatnya bahwa ia telah berkhalawat dengan Aisyah, tudingan yang menjadi bagian hujjah yang mengadilinya sehingga dirinya harus meninggalkan Tegal  Jadin.  Seandainya mereka ada disini, ingin sekali Iqbal mengatakan kepada mereka semua: inilah sejati-jatinya khalwat itu. Inilah khalwat itu. Ialah dua insan laki-laki dan perempuan yang berasik-masyuk seperti kedua orang ini. Inilah makna “berdua-duaan yang diharamkan” itu. Iqbal pun menangis.

Iqbal pun berkenalan dengan seorang pemuda yang bernama Anton. Mereka akhirnya berdiskusi tentang Islam. Ternyata agama Anton adalah Agama Cinta. Wah macem-macem ajah nih.. namun di akhir diskusi, Iqbal merasa menang.

Dan tiba-tiba bis pun mogok, mereka semua turun. Iqbal hanya diam saja. Sudah satu jam ia sholat dan berdoa kepada Allah. Ia kembali teringat akan kesalahan besar di masa lalunya. Anton pun menegurnya dan ia pun kagum terhadap Iqbal.

Mereka pun menunggu bis lagi. Iqbal pun melihat segerombolan orang yang sedang menyanyikan lagu-lagu religi. Namun mereka minum-minuman keras. Saat bis datang Iqbal memutuskan untuk tetap disini dan berkenalan dengan gerombolan itu.

Setelah berkenalan, firman meminta uang kepada Iqbal untuk membeli minuman. Parno (sahabat firman)  melarangnya. Akhirnya Iqbal akan memberi uang jika digunakan untuk hal yang bermanfaat. Iqbal pun menawarkan ingin membelikan mereka dua buah gitar agar nantinya bisa digunakan untuk ngamen. Ia pun mengeluarkan uang lima ratus ribu dan memberikannya kepada mereka. Terbelalaklah mereka sebab mereka tidak membayangkan Iqbal akan mengeluarkan uang sebanyak itu. Kemudian iqbal pun merasa bahwa mereka  mulai ada rasa segan terhadapnya. Iqal pun di ajak istirahat ke rumah  Firman.

                Ternyata firman merupakan orang yang berkecukupan. Ia berubah menjadi “liar” setelah adiknya diperkosa dan dibunuh. Sejak saat itulah rumah itu penuh kemaksiatan. Ayah dan ibu Firman pun melihat Iqbal sedang sholat Subuh. Mereka sangat senang melihat baru kali ini ada sahabat Firman yang paling aneh, yang mendirikan sholat di rumah mereka. Mereka pun menganggap Iqbal adalah mukjizat dari Allah untuk merubah kehidupan di rumah mereka. Mereka pun meminta Iqbal untuk tinggal di rumah mereka. Iqbal menyetujuinya.

                Selama Iqbal tinggal disana, Iqbal memutuskan untuk mengahafal Alquran. Iqbal memutuskan harus mengahafal tujuh ayat perhari sehingga dalam tiga tahun ia dapat menghafal Alquran.

Suatu hari ia berseteru dengan Firman, tentu saja mengenai Islam. Dan Iqbal pun merasa perkataan Firman ada benarnya.  Gawatnya, Iqbal pun mulai ragu akan Islam, dan mulai meninggalkan kewajibannya sebagai muslim. Ia pun bingung dan selalu menangis. Suatu sore dan hujan terus mengguyur, ia pun pergi dan berlari untuk mencari gereja. Ia pun masuk dan mengadu sebagaimana seorang kristen melakukan pengakuan.

Kemudian seorang pendeta bertanya padanya, “ada apa anakku?”.

Iqbal pun meminta maaf karena telah mengunjungi Rumah Tuhan yang bukan Tuhannya. Iapun mengatakan bahwa dirinya seorang muslim. Iqbal  mengaku tidak sanggup menemukan Tuhannya. Iqbal pun menceritakan masalahnya. Sang pendeta pun mencoba membantu mencari Tuhan yang Iqbal cari.

Kemudian yang tak disangka-sangka, sang pendeta mulai menasihati Iqbal. Sang pendeta mengatakan bahwa Iqbal telah putus asa. Dan putus asa adalah jalan yang terkutuk. Sang pendeta pun mencoba untuk meyakinkan Iqbal terhadap Allah, Tuhannya. Ia pun menyuruh Iqbal untuk meminta ampunan kepada Allah. Iqbal pun menangis. Iqbal tidak menyangka bahwa ada seorang pendeta yang sedemikian bijak bestari, luas wawasannya, dan melintas-batas keyakinannya. Ia pun kembali pulang dengan penuh semangat.

Esoknya, Indri  (kekasih Firman) datang ke rumah Firman. Iqbal yang menemuinya (Orang tua firman tidak mau menemuinya). Iqbal pun menasihati Indri agar kembali kepada Allah. Dan secara tidak langsung menasihati Indri agar Indri menjaga kesuciannya. Indri pun menangis dan pergi dengan berlari. Wah, Iqbal pun merasa bersalah tentang apa yang dikatakannya kepada Indri. Namun ia tetap yakin bahwa yang dilakukannya demi kebaikan Indri.

Beberapa hari kemudian, indri datang kembali dengan wajah cerah. Iqbal berharap indri tidak terluka akan perkataannya sebelumnya. Indri pun mengajak Iqbal untuk mencari Firman yang memang sudah beberapa hari tidak pulang sejak berseteru dengan Iqbal.  Setelah mencari dimana-mana, Iqbal merasa capek dan minta istirahat. Saat mereka istirahat, indri merayunya. Saat itu pun Iqbal memutuskan untuk pulang.

Sahabat-sahabat Firman pun datang menemui Iqbal, mereka ternyata menemukan Firman. Mereka menemukan Firman sedang rebahan di tempat imam mushala. Firman pun digelandang seperti orang gila. Mereka pun menanyakan apa yang terjadi sebenarnya pada firman l. Iqbal pun mengambil kesimpulan dan mengatakan bahwa firman sedang mendekati Allah. Nah, inilah saatnya Iqbal mencoba mengingatkan mereka tentang Allah. Dan ternyata mereka berniat kembali ke jalan Allah dan meninggalkan kemaksiatan. Subhanaalah.

Dan masalah pun kembali muncul. Ternyata Okta dan Indri bertengkar memperebutkan Iqbal. Iqbal pun takut godaan setan berupa syahwatnya dan berdoa kepada Allah agar lebih baik mengambil kedua matanya itu.

                Suatu kejadian buruk pun terjadi. Saat iqbal berada di kamar Firman, Indri pun datang dan masuk ke kamarnya. Indri pun merayunya dan mencoba memeluknya. Iqbal menolaknya. Saat itulah Firman datang dan melihat mereka berdekatan seperti itu. Firman marah dan menyuruh Iqbal pergi dari rumahnya. Firman pun menantang Iqbal di Alun-alun. Firman pun pergi.

                Saat itulah Iqbal mulai mengemasi barang-barangnya. Orang tua firman bingung apa yang sedang terjadi. Iqbal pun segera mendatangi alun-alun. Ternyata disana ada Firman dan sahabat-sahabatnya. Firman pun berkelahi dengan Iqbal di hujannya malam. Dan saat Iqbal terjatuh, Firman menyiramkan semangkuk sambal kemata Iqbal . Tinjuan bertubi-tubi pun menyebabkan Iqbal tidak sadarkan diri.

                Akhirnya Iqbal pun tersadar, namun Astagfirullah al’adzim, matanya tidak bisa dibuka. Kemudian sahabat-sahabatnya  pun datang. Sahabatnya kini tahu masalah yang terjadi. mereka pun membenci Firman atas kelakuannya, namun Iqbal meminta agar mereka tidak membenci Firman.

                Suatu hari, Parno pun memberi tahu bahwa yang terjadi pada firman. Firman menyesali semua kesalahan di liang kubur dan mencoba bunuh diri. Iqbal pun segera kabur dari rumah sakit dituntun oleh Parno. Di kuburan banyak orang berkumpul termasuk para wartawan. Iqbal pun mencoba agar  kembali kepada Allah dan masih ada waktu untuk bertobat. Setelah sekian lama berdialog akhirnya firman pun sadar dan sejurus kemudian terdengar gemuruh takbir.

                Akhirnya kedua mata Iqbal sembuh. Ia pun membaca judul sebuah koran tentangnya: IQBAL MAULANA TELAH SEMBUH KEDUA MATANYA. Iqbal pun mulai membimbing sahabat-sahabatnya. Bahkan Iqbal membentuk sebuah kelompok bersama pengamen lainnya yang bernama Ashabul Kahfi. Berita akan dirinya pun tersiar di berbagai koran. Antara lain judul nya yakni MUSAFIR CINTA – SEBUAH PERJALANAN HATI SEORANG IQBAL MAULANA. Ia pun selalu diwawancarai wartawan.

                Ia pun kini telah hapal Alquran. Ia pun memutuskan untuk kembali ke pesantren seperti janjinya kepada kyai sepuh untuk mempersunting seorang atau tiga gadis yakni Zaenab, Pricillia, atau Khaura.

                Ia pun diantar keluarga Firman dan para sahabatnya. Ia pun naik bersama keluarga Firman, sedangkan sahabatnya naik sebuah minibus yang bertuliskan ROMBONGAN ASHABUL KAHFI. Iqbal pun merasa sangat senang sekali dan grogi bahwa setelah tiga tahun ini ia akan bertemu kekasihnya. Selamat tinggal Banjarnegara. Selamat tinggal  Kenangan. Semoga Allah SWT  menjadikan Banjarnegara sebagai kota yang indah dan diberkahi. Amin..

                Begitulah perjalanan Iqbal dalam novel Musafir Cinta yang sebenarnya masih banyak adegan seru yang tidak kuceritakan…. kalo mau versi lengkapnya beli novelnya, Cuma Rp38.000 dengan tebal 330 halaman. Dan masih ada kelanjutannya loh di di novel Makrifat Cinta (episode terakhir)…. okey….  

Entry filed under: novel. Tags: , , .

Novel Syahadat Cinta FILM AYAT-AYAT CINTA PENUH PERBEDAAN

62 Comments Add your own

  • 1. naila  |  March 6, 2008 at 4:57 am

    aku suka ceritanya

  • 2. wong@mangli  |  March 16, 2008 at 4:10 am

    makasih udah bagi-bagi…

  • 3. perycantiq  |  April 10, 2008 at 6:07 am

    subbahallah…
    bGs BgT CriTaNa….
    Blh Donk Copy SiSnOpsisNa…
    MaKaCi…
    LaM KenAL…
    klo sempet qt tukeran link yaaa…
    BloG: http://perycantiq.wordpress.com/2008/03/14/film-ayat-ayat-cinta-memakan-korban-jiwasubbhanallah/
    YM: karina_perycantiq
    FrIeNdStEr: cimung_lucu@plasa.com

  • 4. Anonymous  |  May 9, 2008 at 7:07 am

    allahu akbar

  • 5. jejen  |  May 20, 2008 at 1:25 pm

    emank krya kang abik top buangetzzzzzzzz…….

  • 6. eka apri r  |  June 13, 2008 at 8:49 am

    ceritanya sampai membuat hatiku bergetar

  • 7. yuyui  |  June 18, 2008 at 7:07 am

    addduh kisah keren ABIS……..
    buat aku n temen2 q sadar n jadi seorang muslim yang sejati……
    insya Allah………….

  • 8. miranurfika  |  September 10, 2008 at 1:21 pm

    keren

  • 9. fiyan  |  September 20, 2008 at 1:17 pm

    ceritane bgus sekaleeee…
    ni bisa jadi penyemangat dalam perjalanan hidup kita neh…
    coz kita hidup di dunia kan juga jadi musafir yang mencari ridho Allah S.W.T… mudah2an dari cerita singkat di atas ada hikmah yang bisa kita petik dan dijadikan renungan dalam hidup kita.amiiiin…….

  • 10. gadis  |  September 23, 2008 at 3:05 pm

    Buagusss buanget….
    makasih tuk pelajarannya…..
    Jadi,,
    bole khan gw copy sinopsisnya tuk skull…

  • 11. ~CyBeR_KiNgZ~  |  October 9, 2008 at 9:50 am

    y lumayan Bguz novel Nya
    soal na BwAt tuGaz Skull Jadi lumayan gx usah
    sinopsis susah susah
    Thx y Novel na<?<?

  • 12. marsela  |  October 31, 2008 at 5:38 am

    waaaahhhhhhhhhhh,baguzzzz buangetzzz cerita’y,bikn hati menjadi begetar gtooooo.kata2′y mdah d cerna n’ membuat hati menjadi menngis,boleh dong d copy snopsis’y,memang karya taufiqurrahman al-azizy memang paling top bgt………

  • 13. nur  |  November 6, 2008 at 1:30 am

    keluaran pe ni?

  • 14. rezekey  |  November 8, 2008 at 3:06 am

    baru separuh membacanya….. tak sabar untuk dihabisi

  • 15. Akang  |  November 17, 2008 at 8:27 am

    Wah bagus bangat ceritanya ni.

  • 16. --AjA--iFzZz  |  November 20, 2008 at 12:01 pm

    ThNks Udah bantuin w tugas BhS Yang suRuH Bkin sinOpsis
    W bingung Gmn bkin SinoPsis ??
    AKWKAKwka

  • 17. w0ng iMuthd  |  December 10, 2008 at 8:59 am

    mkasih bgd y dh bntuin tgs sinopsis aq.
    thanks 4 evrything.
    peace

  • 18. khariezma  |  December 17, 2008 at 4:50 am

    tak bisa ku berkata selain ” bagus”
    yach……….begitu bnayak novel yang memukai jiwa kita.
    selalu ada i’tibar yang di peroleh ketika kita membaca sebuah karya.
    pa lagi itu karya yang tak kehilangan nilai2 sastranya” religiusitas sastra ” begitulah.
    ehm…………kapan nich kita nusul buat karya!!!!

  • 19. khariezma  |  December 17, 2008 at 4:50 am

    tak bisa ku berkata selain ” bagus”
    yach……….begitu banyak novel yang memukau jiwa kita.
    selalu ada i’tibar yang di peroleh ketika kita membaca sebuah karya.
    pa lagi itu karya yang tak kehilangan nilai2 sastranya” religiusitas sastra ” begitulah.
    ehm…………kapan nich kita nusul buat karya!!!!

  • 20. makiya  |  February 5, 2009 at 7:46 am

    aku suk am certx karena banyak pelajaran yang aku ambil…………thanks

  • 21. makiya  |  February 5, 2009 at 7:49 am

    aku suka banget ama cerita na karena banyak banget pelajaran yang aku ambil,,,,,,,,,,,,,thanks……………

  • 22. tyo  |  February 16, 2009 at 2:56 am

    menurut saya novel ini harus lebih murah lagi ,jadi bisa terjangkau………….

  • 23. xhumpau  |  February 25, 2009 at 5:20 pm

    wah mang bner kta wNita yg kusyangi klau cRitax mang mnyentuh

  • 24. ika  |  March 1, 2009 at 6:47 am

    ini novel musafir cinta thun brapa???

  • 25. dian  |  April 14, 2009 at 6:16 am

    sya hrp nvel2 nti lbh bgz lg
    amien

  • 26. Hikmah  |  May 4, 2009 at 6:50 am

    Keren bngt…
    Novel ini bs jd mtivasi qt bwt ttep kekeh dgn cnta qt kpd allh..
    Crtanya Mnyntuh..

  • 27. aliff afif  |  May 16, 2009 at 6:46 am

    sy org malaysia..cite ini mmg best laa..subahanaAllah..
    terus dakwah anda..moga diberkati oleh Allah..good luck
    HIDUP ISLAM!!!!!!

  • 28. wahyu  |  May 20, 2009 at 6:41 am

    mksi ya

  • 29. amel mutzzz  |  May 20, 2009 at 9:00 am

    duuuuuuuuh bgz bgd dech ,,,,,critana . . . .

  • 30. ella  |  May 23, 2009 at 3:52 am

    Waaaaaaaaahhhh hbat bngt.

  • 31. Doddypios  |  May 27, 2009 at 10:37 pm

    Bagi” dOng elMuNya,,,,,KarYa yg sAnGet
    iNdaH,,,,,,

  • 32. sueb  |  June 3, 2009 at 7:07 am

    maaf… say kurang suka

  • 33. DeChA MyuDzzz  |  August 25, 2009 at 8:04 am

    BagUzT Bro..
    Yo Ceketdot..
    Islami benGeDz..
    LuPh U PuLL HaHahaHa…

  • 34. RYAN  |  September 18, 2009 at 8:05 am

    bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb
    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    gggggggggggggggggggggggggg
    uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    sssssssssssssssss
    …………………………
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 35. mia  |  September 29, 2009 at 6:34 am

    koq bagus bgt sih
    pokoq na T O P B G T
    DEH………………………………………………………………………………

    BY;: mYA

  • 36. arik  |  October 2, 2009 at 11:00 am

    maar mengkopi dll untuk tugas. sory semua

  • 37. arik  |  October 2, 2009 at 11:01 am

    maaf mengkopi dll untuk tugas. sory semua

  • 38. hamba allah  |  November 6, 2009 at 4:26 am

    subhanallah sekalie……………
    pokoknya top dech. . . . . . . .

  • 39. ulfa_fa  |  November 15, 2009 at 5:18 am

    Tq,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    lumayan bwt tgzzz,,,b.indonesia

  • 40. fari  |  November 16, 2009 at 4:24 am

    apa lhooo….??

  • 41. ikmalia nur aviaty  |  November 16, 2009 at 10:46 am

    wah cerita nya bagus..
    makasi ya ,udah bantuin tugas ku yang d suru bkin sinopsis ,
    untung za ada ini,law ga da,ga tau tuh nasib ku gmna??
    hehehe

  • 42. chotim  |  January 11, 2010 at 4:44 pm

    terharu ma iqbal

  • 43. brian  |  February 28, 2010 at 1:19 pm

    Good luck

  • 44. lailyta  |  May 25, 2010 at 2:00 am

    sumpah seru banget ceritanya

  • 45. Anonymous  |  June 3, 2010 at 5:37 am

    waduk

  • 46. sangkleng  |  June 3, 2010 at 5:38 am

    carita na gorengpatut

  • 47. hayatun nisa  |  June 8, 2010 at 11:33 am

    ceritanya menggugah bangeeeeeeeeeet,top dh

  • 48. 'afifah al khoiriyah  |  June 12, 2010 at 5:14 am

    novel yang anda tulis bags, aQ dh bca… bhsa x pun indah…. btw aQ jg skrg sdang nulis noVel. mohon doa x biar cpt slesai n bs jd best seller. amin……

  • 49. viani mutz  |  August 16, 2010 at 7:16 am

    aku suka sm angel lelga soalnya dia tuh orangnya imut bangat kaya aku ini musafir cinta ini syuting di masjid daarul mussinin bekasi

  • 50. baby mama  |  August 30, 2010 at 5:46 am

    TQ……………………………………….
    CERITANYA LAWA DEH

  • 51. ANGGIE  |  September 15, 2010 at 7:53 am

    BBBAGUS BANGET………
    Bole dok copy,,,,,….

  • 52. rusti  |  September 26, 2010 at 9:01 am

    bagusssss

    aq suka sekaliiii
    hmmm…ad gk sinopsis makrifat cinta???

  • 53. Leny chawby  |  October 31, 2010 at 5:40 am

    wow !

    critanya seru .
    thanks iia udh ngebbantu tugas sinopsis aku .^_^

  • 54. ali  |  December 3, 2010 at 6:59 am

    keren ya. . .
    begitu banyak hikmah yang dapat di ambil dari cerita ini……….
    buat sinopsis yang lebih banyak lagi ya……….???????

  • 55. afridiana  |  July 2, 2011 at 3:41 am

    Islam bgitu indah :)

  • 56. Anonymous  |  November 24, 2011 at 3:38 pm

    pembangkit iman banget….pokoknya keren dah….

  • 57. Asri Wiyanti  |  June 17, 2012 at 3:39 am

    Aku ingin memesan 3bukunya sekaligus, bisa kah ?

  • 58. Anonymous  |  October 13, 2012 at 1:09 am

    BIasa j kk….!!

    ngga wooow bgt>

  • 59. langkah derita  |  December 19, 2012 at 12:15 pm

    wow bguz bnget zob.
    Tag bz brkata kata qw.tp bz terharu qw di buatnya.
    Oia zob.
    Mnta tolonk deh upload file pdfnya zob.qw pngen baca file aslinya.

  • 60. Anonymous  |  January 19, 2013 at 8:50 am

    astgfir, ane baru tau tntang musafir cinta ini.

  • 61. Let's go to AA'arif (@KarimahRkt)  |  January 19, 2013 at 8:54 am

    udh lama bgt nungguin lanjutan Syahadat Cinta, eh trnyata udh keluar lama jga. Alhamdulillah.

  • 62. Selly  |  September 6, 2013 at 7:13 am

    Kangen sama mas taa :’( cepet pulang, nunggu novel barumu ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 299,731 hits
March 2008
M T W T F S S
« Feb    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Dukunganku Untuk :

Image Image

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: