Novel Ketika Cinta Bertasbih – episode 2

February 26, 2008 at 6:37 am 132 comments


Baguss.. itu lah kata yang pertama kali saya ucapkan tatkala selesai membaca novel yang pertama kali cetak pada bulan november 2007. Novel ini ditulis oleh Kang Abik alias Habiburrahman ElShirazy. Novel episode 2 ini tentu saja melanjutkan cerita dari novel Ketika Cinta Bertasbih episode 1 dan bagi saya novel episode 2 ini lebih bagus ketimbang episode pertamanya – bukan berarti episode1 nya jelek, keduanya tetap bagus, cuma yang episode ke 2 ”lebih” bagus. Kenapa saya bisa berkata begitu, karna yang episode 2 ini banyak menceritakan tentang azzam, sedangkan yang episode 1 banyak menceritakan tentang teman-temannya.

Oh ya, sedikit kembali lagi ke episode 1, novel ini berkisah tentang sang tokoh “Azzam” yang kembali dari Khairo setelah menyelesaikan S1 nya selama 9 tahun.. loh kok 9 tahun? Lama amat? Ya memang dia sengaja tidak meluluskan diri (padahal sebenarnya dia pintar) biar bisa tetap jualan bakso dan tempe di sana, yang tentu aja digunakan untuk menghidupi dirinya di Khairo dan adik serta ibunya di Solo. Dia pun membiayai sekolah adik-adiknya. Wah benar-benar keren..

Watak sang tokoh azzam ini bisa dibilang hampir sama dengan tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Hanya saja, kalau fahri identik dengan ilmu, terjemahan, dan hapalan, kalau azzam identik dengan jiwa enterpreneur. Di kost-kostannya dia pun menjadi kepala keluarga. Dia pun banyak kenalan disana seperti dubes dan sebagainya (tentu saja pelanggan tempe dan baksonya, serta dia pernah menjadi koki dubes saat ada acara reuni). Oh ya disana dia punya teman perempuan yang bernama Eliana (putri dubes) dan dia artis loh, wah diam-diam Azzam suka nih. Tapi mana brani azzam, coz dia juma penjual tempe..

Satu hal yang slalu teringat oleh saya tatkala si Elliana ini menelpon Azzam dan ingin memberi ciuman kepada si Azzam karena telah membantunya menjadi koki di acara ayahnya. Tapi azzam tantu aja menolaknya dan langsung menutup telponnya. Dia berbuat begitu karena 2 hal, yang pertama karena dia males melanjutkan pembicaraan yang udah mulai ngawur dan yang kedua karna dia capek coz dia baru aja pulang dari kerjaannya. Kemudian si Elliana ini merasa tersinggung olehnya, namun keesokkannya Azzam menjelaskan sebaik-baiknya. Eliana pun menyadari akan kesalahannya selama ini..

Oh ya bagian yang paling keren lagi yaitu ketika azzam menolong gadis yang bernama Anna Antalafunisa dan temannya. Ada adegan “action”nya loh kayak di film box office.. jadi gini. Dia kala itu mau beli daging dan keperluan dapur ke –wah lupa tempatnya- naik bis. Di bis ada gadis manis dan cantik bertanya toko buku. Azzam pun memberi tahunya. Kemudian mereka pun berpisah, azzam melanjutkan perjalanan.

Setelah azzam selesai membeli semua yang ia perlukan, ia pun memutuskan untuk naik taxi coz udah kesorean.. dia kemudian melihat gadis yang dikenalnya di bis tadi bersama temannya. Wah ternyata kedua gadis itu sedang menangis. Azzam pun turun dari taxi-nya. Ternyata dompet salah satu dari mereka di copet. Hmm bahkan parahnya lagi buku dan kitab mereka tertinggal di bis karena saat itu mereka berusaha mengejar copet itu.. Azzam pun berfikir, “bagaimana kalau kita mengejarnya?” akhirnya mereka pun mengejar bis tersebut dengan taxi azzam tadi. Kejar-kejaran pun terjadi layaknya kejar-kejaran di film. Akhirnya bis itu pun ketemu. Azzam turun dan meminta bus itu berhenti sejenak karna sang gadis sedang berusaha mencari buku-bukunya. Dan akhirnya ketemu.. wih.. Azzam benar-benar pahlawan. Gadis itu pun bertanya siapakah namamu gerangan?. Namun azzam mengatakan dirinya bernama Abdullah.

Bagian yang menurut saya agak menyedihkan, yakni ketika azzam ingin melamar seorang muslimah yang bernama Anna. Dia belum kenal Anna. Sebelumnya azzam dinasihati supirnya Elliana agar azzam tidak usah mengharap Elliana, karena menurutnya kurang cocok. Azzam begitu kuat imannya, sedangkan Elliana? Oleh karena itu Supirnya Elliana yang saya lupa namanya agar azzam mempersunting Anna saja. Kemudian pak supir pun menceritakan siapakan anna itu. Wah azzam pun semangat, ia pun segera mendatangi seseorang (wah saya lupa, dia mendatangi siapa) untuk melamar anna. Namun apa yang terjadi. Lamarannya ditolak mentah-mentah. Ternyata anna telah dilamar temannya sendiri, Furqan. Azzam pun dibanding-bandingkan dengan Furqan itu.. sungguh memalukan, Azzam hanya S1, itu pun belum lulus selama 9 tahun, dia pun hanya penjual tempe.. sungguh sangat jauh ketimbang Furqan. Saat itu pun dia mulai konsentrasi dengan pekerjaannya itu. Ia tidak akan membuka pintu hatinya sebelum ada gadis yang mengetuknya.

Dan akhirnya adiknya ternyata telah lulus kuliah. Skali lagi, wah benar-benar menakjubkan si tokoh azzam ini, bisa mengkuliahkan adiknya hingga lulus, padahal dia sendiri belum lulus. Setelah tahu akan keadaan adiknya yang telah lulus, azzam pun memutuskan untuk segera pulang. Ia pun belajar dengan giat agar segera lulus. Bayangkan, sudah 9 tahun azzam tidak bertemu dengan keluarganya. Dan akhirnya dia pun berhasil. Ia pun segera bertemu dengan keluarganya.

Itulah sebagian kecil hal yang menarik dari novel Ketika Cinta Bertasbih Episode 1. Bagaimana yang episode 2. Oke, sabar, tapi saya Cuma ceritain sebagian kecil yang menurut saya keren, ok (masih banyak hal yang heren lainnya).

Review Ketika Cinta Bertasbih Episode 2

Azzam pun pulang ke Indonesia. Dan ternyata azzam bareng Elliana, artis terkenal itu. Ya memang keduanya kenal dekat, coz elliana pernah bekerja sama dengan azzam. Adiknya pun segera ke jakarta untuk menjeput sang kakak tercinta. Dan ternyata sang adik adalah penulis Best seller kumpulan cerpen. Wah sungguh hebat keduanya kakak beradik ituh. Husna –adiknya azzam- selain menjeput azzam ternyata ada agenda lain yakni pergi ke TIM untuk menerima penghargaan.

Saat itu azzam pun keluar dari bandara bersama Elliana. Dia pun mencari adiknya disana. Dan akhirnya adiknya ketemu. Husna datang bersama temannya. Ternyata diluar sudah banyak wartawan yang menghadang Elliana, ia pun diwawancarai. Azzam segera meninggalkannya dan menemui adiknya. Setelah puas, temannya husna minta dikenalkan kepada Elliana, karena ia merupakan fans-nya. Lalu ia pun di kenalkan. Akhirnya mereka foto-foto dengan hp temannya itu. Wartawan pun kembali mewawancarai Ellana tentang siapakah yang sedang dekat dengannya saat ini. Elliana pun mengatakan bahwa pria disampingnyalah yang terdekat. Kontan azzam bingung dan kaget. Semua moncong kamera pun mengaah padanya. Ia pun di tanya-tanyai. Azam panik.

“Sejak kapan anda kenal Elliana?” tanya seorang wartawan.

“aduh, ini apa-apaan!” seru Azzam panik.

“santai saja mas. Kita Kooperatif saja jadi enak. Sejak kapan anda kenal Elliana?”

“aduh gimana ini, Eliana, bicara dong. Wah kok jadi rumit begini sih!” kata Azzam kepada Elliana.

“dia tidak biasa menghadapi wartawan. Kami kenal sejak satu tahun yang lalu” sahut Elliana dengan tenang.

“Benar Kamu dekat dengan Elliana?” cerocos seorang wartawan koran ibukota.

“Kebetulan tadi kami satu pesawat dan duduknay berdekatan. Saya di 15F, dia di 15E. Jadi kami memang dekat.” Jawab azzam juga sekenanya.

“apa profesi mas saat ini?”

“Jualan bakso.”

“Ah, jangan bergurau Mas.”

“Sungguh, tanya saja pada Elliana!”

Wartawan itu langsung bertanya pada elliana, “benarkah dia jualan bakso?”

“Ya benar. Para diplomat adalah pelanggannya”. Jawab Elliana

“Wah seorang enterpreneur! Keren ya mbak?” wartawan itu berkomentar.

“Iya dong. Dia pria paling keren yang pernah aku temui” . Elliana pun berbisikkan dengan azzam.

Kemudian azzam pamit pada elliana. Ia menelungkupkan tangan di dada lalu pergi.

“tidak ada cipika-cipiki mas?” tanya seorang wartawan usil.

Azzam tidak menjawab, yang menjawab malah Elliana, “Dia itu mahasiswa Al Azhar Cairo, masak cium pipi kanan pipi kiri. Kan belum halal! Ngerti?”

“wah sekarang pacar Elliana alim ya. Bisa jadi berita menarik “. Komentar seorang wartawan.

Keesokan harinya berita pun menyebar ke seluruh media, entah cetak atau elektronik. Tentu saja di desanya geger, kok bisa azzam yang miskin itu dekat dengan artis seterkenal Elliana bahkan media menganggapnya kalau Azzam merupakan kekasihnya Elliana (padahal sebenarnya bagi azzam elliana hanya sekedar temannya).

Oh ya malamnya acara penghargaan kepada adiknya. Azzam pun menghadirinya. Kemudian Husna pun sampai gilirannya menerima penghargaan itu. Ia pun bercerita bahwa yang bisa menjadikannya seperti ini tak lain adalah kakaknya tercinta, Azzam. Ia pun menceritakan kehidupannya dan kakaknya bahwa kakaknya membanting tulang di mesir selama 9 tahun untuk membiayai kuliahnya dan tidak meluluskan diri. Dan, wah lagi-lagi bertemu elliana, yang ternyata merupakan seorang pembawa acara. Acara itu pun disiarkan ke seluruh Indonesia. Lagi-lagi azzam terkenal. Elliana pun kini lebih banyak tahu tentang azzam, dan kagum akan dirinya.


Tapi apakah Elliana adalah jodoh azzam, bagaimana dengan tokoh gadis yang ditolongnya di bis tadi yang ternyata bernama Anna (azzam belum tahu nama gadis itu).
Itulah sedikit bagian (sudah banyak yang dikurangi) dari novel Ketika Cinta Bertasbih yang sangat menarik bagi saya. Kalau mau kelanjutannya, belilah novelnya. Bukan promosi, tapi sungguh dwilogi ini emang keren…

Entry filed under: novel. Tags: .

Official Site Of Sabila Band Novel Syahadat Cinta

132 Comments Add your own

  • 1. dasar hati  |  February 26, 2008 at 6:41 am

    Salam dari Malaysia,

    saya sudah membaca buku Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih Episode 1. To be honest, I can hardly wait for Episode 2. Thanks for the sneak preview, now I know that I can visit the bookstore soon :)

  • 2. rhyni  |  February 27, 2008 at 9:32 am

    saya sangat tertarik pada waktu membaca novel ini dan novel ini mempunyai nilai-nilai agama yang baik.

  • 3. saara  |  March 6, 2008 at 5:51 am

    menurut saya buku kcb 2 ini semakin menarik karena
    di kcb 1 masih banyak masalah2 yang belum di selesain oleh azzam.
    apalgi di kcb 2 azzam akan menikah denga seorang dokter
    wahhhhhhhhhhhhhh
    jadi tamabah seru niiiiiiiiiiiiiii

  • 4. rido yudiansyah  |  March 7, 2008 at 2:22 pm

    Harus nangis kalau baca nih novel…….

  • 5. rido yudiansyah  |  March 7, 2008 at 2:25 pm

    haris nagis kalau ngebaca nih novel

  • 6. lina  |  March 10, 2008 at 6:31 am

    Tak ada kata yang tepat tuk ngomentari novel ini selain satu kata “BAGUS” ;)
    Hatiku gerimis membacanya
    Tapi senyumku juga kadang mengembang di buatnya ;)
    So yang belum baca cepetan baca yah

  • 7. shifa  |  March 15, 2008 at 3:16 am

    wuihhhhhhhhh
    bagus banget ceritanya>………….

    jadi pengen cepat2 beli novelnya……….
    thank’s banget yach atas inti sari nya……

    sebenernya mau cepat2 beli……..
    tapi belum da kiriman ne……….
    he he he he

    thank’s banget udah mau ceritain……..

    jazakumullah kharon khatsiro………..

  • 8. bhismy  |  March 25, 2008 at 7:28 am

    terlalu banyak yang terlibat…pusing…lebih berkesan dengan ayat ayat cinta..karakter tokohnya ( fahri ) lebih kuat dibanding azzam..tapi tetep karangan yang lain di tunggu penerbitannya !!

  • 9. ovik manizzzz  |  March 26, 2008 at 10:44 am

    beloooom baca seee…….!!!!1
    jadi kepengen…………

  • 10. evawati imuet...............  |  March 26, 2008 at 10:48 am

    cepat….cepat donk…………..?????????
    film…nya ditayangkan………………….???????
    egak sabar nich………………………????????????????????

  • 11. Nusa  |  March 31, 2008 at 9:35 am

    kaya,,apa siii……isi noveLna…..!!!!

    Jadi pengen beliii

    Walau aye blon baca…
    Tapi dah banyak lho yang ngomonngin…novelna

    truzzz..k’lo dnger cerita dari tmen” novel ini baguzzz buaaaaanget lhoo,,,,,

  • 12. adhiii  |  April 8, 2008 at 2:37 am

    KANG ABIK emang jagonya nulis novel
    salut saya sama karyanya kang abik,,,sumua novelnya tuh ada yang sedih ada yang senang juga….kalo bisa filmnya ditayangn KANG..menurut saya novel KANG ABIK yang bejudul KETIKA CINTA BERTASBIH lebih bagus dari pada AYat aYat CinTa..tapi itu menurut saya yah….

  • 13. ayro  |  April 19, 2008 at 8:00 am

    Assalamualaikum…
    Novel ini memang bener2 bagus
    Kisahnya sulit untuk ditebak klw belum baca
    Pokok”a KEREN ABIZZZZZ

  • 14. alya  |  April 23, 2008 at 4:54 am

    Assalammualaikum…

    Aku dr singapur dan sgt senang baca novel2 dari habiburrahman. Sayang ny, di sini gk ada toko yg jual novel2 beliau. Untung sekali aku berhasil menemukan versi PDF utk “ketika cinta bertasbih” buku 1 tapi sampai skrg msh blm dpt yg ke-2. Bs bantu gk??

    Makasihhh…

  • 15. abi  |  April 30, 2008 at 12:33 am

    Novel KCB lebih berkarakter dan lebih menonjolkan sisi manusia dari para tokohnya, sosok azzam misalnya..ia seorang yg teguh dalam memegang ajaran islam tapi juga masih terselip sisi di mana ia adalah manusia biasa yg bisa juga khilaf (ketika ia membentak pengendara yg ugal2an), jadi tidak harus selalu sosok seperti malaikat yg sepertinya jauh dari kesalahan

  • 16. mariesha  |  April 30, 2008 at 7:12 am

    so sweeeeeeeeeeeeeeeeeet…………… BGT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    bs jd pljran bwt qt tentang arti hidup,cinta,keluarga&agama…………pokoknya oke bgt

  • 17. henzky  |  April 30, 2008 at 7:16 am

    pokoknya siiiiiiiiiiiiiippppppppppppp……….abizzzzzzzz……walaupun dah baca tapi pengen baca terus……..ga da bosen-bosennya deh wat baca tuh buku…….
    makasih wat kang abik dah mau wat novel ini ;-)

  • 18. Icha  |  May 14, 2008 at 6:42 am

    Wah,thanks buanget dah ngasihin sekilas tentang ceritanya ya!!!
    Jadi pengen beli nieh
    Dari judulnya q juga tau kalo itu novel yang akan sukses dan bagus, sarat dengan pesan2 moral^-^

  • 19. irul  |  May 15, 2008 at 3:52 am

    WAAAH AQ TERKESAN BANGET DENGAN CERITA YANG ADA DALAM NOVEL ” KETIKA CINTA BERTASBIH” POKO’E SERUUUUUUU…… BANGET

  • 20. eva  |  May 21, 2008 at 9:54 am

    wahhhhhhhhhhhhh,,,,,,,keren bgt euiyyyyyyyyyyyyyyyyy…………..ceritanya ayat2 cinta dan ketika cinta bertasbih1.pokoknya ga bakalan nyesel boooooooooo……………

  • 21. aciLL  |  June 1, 2008 at 7:28 am

    wooow Novel Ketika CInta Bertasbih Keren Baget…
    w dah punya buku yang ke 1 dan ke 2 nya tinggal ke 3 nya kira-kira kpn yach keluarnya yg ke 3…
    Novel ini bener-bener novel pembangun jiwa…
    w ja sampe ngk bosen bacanyee
    pokoknya buat kang Abik TOP baget dech… semoga bsa buat novel islami yg lebih bagus lagi…

  • 22. beby  |  June 11, 2008 at 1:52 am

    bener deh stlh baca sinopsisnya gw tambah menggebu mo beli novel KCB bis bagus bgt n TOP abiiiiiiis ! Gmn crnya kang abik kok pinter bgt cari ide crt yg menarik gitu jadi pengen bljr nih ! boleeh nggak kang abik ?

  • 23. huda  |  June 28, 2008 at 12:52 pm

    salam dr msia…
    syukran saudara kerna info yg sgt mnarik ttg novel cnta bertasbih 2…
    x sabar nk mmbaca nya..

  • 24. rahmah  |  July 16, 2008 at 3:35 am

    gag da kta yang bsa ak ungkapkan….
    buku-buku yang laen lewat
    bener-bener bagussss
    wat pengarangnya the best ja deh
    semoga sukses yaaaa

  • 25. lady & dewi  |  July 19, 2008 at 2:18 pm

    klo d bkn film hrs yg bgs bngt,tp castingny boong ktny dr orang biasa tau2ny dah d setting artis semua,acara casting mlh d jdiin ajang realty show…..SEBEL…….q g k trima….@lady
    Subhanallah….sugoi….ka’kkoi desu you…cool….mank kang Abik bnr2 jenius membius sluruh pmbca novel ini…srasa d cairo and Alexandria bneran…succes y…4 novel & film…

  • 26. ade risna purwaningtyas  |  July 22, 2008 at 3:23 am

    Novel ini dapat membuat saya terharu.Dan mengerti arti Cinta Sesungguhnya Menurut Ajaran Islam…Semoga Novel ini Bisa menjadi Tuntunan Bagi Pembacanya.

  • 27. Dina R  |  July 22, 2008 at 7:58 am

    Waduh…. jadi penasaran ya mau baca novelnya,

    yakin sih bagus… soalnya dah baca karya2nya Kang Abik yang lain. selain bwt menghibur karya2nya banyak ilmunya juga.
    Salut dech bwt kang Abik

  • 28. linda  |  July 24, 2008 at 7:48 am

    wooooow…………………
    critanya bagoes buanget walaupun w ru baca sinopsisnya cie,,,,
    tapi sumpah keren tu film….
    moga sukses ya,,,,

  • 29. Eddy  |  July 30, 2008 at 5:26 am

    tolong krimin dong ebook ketika cinta bertasbih seri 1 dan 2 terima kasih sebelumnya

  • 30. Nina Nirmalasari  |  August 12, 2008 at 7:07 am

    Subhanallah………………….iTu saTu kaTa yG paNtaS uNtuK meNgGmbaRkaN noveL KCB nE, saya sEnaNg baNgGa tERnyaTa baNgSa IndonEsia iNi maSiH pUnya pEnuLis sEpeRti kaNg AbiK sEmoGa nE aWaL keSukSesaN Indonesi dLm mEmbangun baNgSa LwaT sEbuaH noveL,cayOOO kaNg aBik maJu tERuS Insya Allah sEmuaN’y mEnjaDi bErkaH amin,,,,,,,,,,,,,,,

  • 31. ana  |  August 15, 2008 at 11:39 am

    Baca novel KCB nee…jd Merinding abiss…..seru pisan….salut pokonua mah bwt kank Abik…..!!!!!!!

  • 32. aaaaa  |  August 19, 2008 at 6:22 am

    alhamdulillah novel itu emang bisa meluluhkan hati aya ketika membacanya padahal saya kurang suka baca novel karena saya suka buku akademik saja dan novel cenderung terlalu banyak nasihat-nasihat secara terbuka tapi di KCB saya malah dapat menyadari bahwa siapa saja yang membacanya pasti dapat mengambil hikmahnya termasuk saya yang selalu bercerita kepa murid-murid saya, saya tunggu filmnya ya

  • 33. nadiA  |  August 19, 2008 at 6:29 am

    saya membacanya sudah 5 kali belum juga bosen, subhanallah kang abik adalah inspirasi saya dalam mendidik murid-murid saya, saya membacanya pertama x sampai jam 3 tidak lelah bahkan kantuk pun tidak. berkaryalah kang abik semoga engkau dapat membanggakan nama bangsa terutama nama Agama Islam dengan hadirnya karya-karyamu yang cemerlang. semoga Allah memberikan engkau umur yang panjang dan barokah.amin.saya penggemar novel anda, saya tunggu karya anda yang tak kalah bagusnya dengan yang sudah terbaca

  • 34. abdul wahid  |  September 2, 2008 at 4:07 am

    Ooooh hanya gitu aja.tak kira di criatain semuanya sekalian endingnya.hitung hitung tak usah beli cerpennya.he he he.tapi memang rugi jika tidak membeli sendiri.coz critanya memang sippppp dan banyak muatan ilmunya.

  • 35. vE_Loph  |  September 4, 2008 at 2:48 am

    kang Abik the best euy……best…best….best,,,,deh….

  • 36. anggit  |  September 22, 2008 at 5:53 am

    Menurutku novel “Ayat Ayat Cinta” & “Ketika Cinta Bertasbih” karya Habbiburrahman El-Zhirazi sgt2 bgs, cos novel tsb bkn hanya menampilkan kisah percintaan namun dibaluti dengan kisah religius yang kuat di dalamnya…..

  • 37. D_Putri  |  September 23, 2008 at 9:34 am

    Pokoknya Okey Bangeeeeet…………………….

  • 38. iwhen  |  September 24, 2008 at 3:49 am

    Suer bagus buanget setelah saya baca Ayat-ayat Cinta aku sempat berpikir bahwa nover tersebut sangat bagus namun setelah aku baca juga ketika cinta bertasbih ternyata itu tidak kala bagus lagi dengan Ayat-ayat Cinta masing-masing punya nilai plus tersendiri, setelah kita baca kedua novel tersebut sudah tentu kita bisa memetik pelajaran yang sangat berharga sidalamnya terutama batas-batasan asmara salam islam

  • 39. Mc Donald  |  October 12, 2008 at 4:05 am

    sangat membangun moral dan akhlak generasi muda khususnya mereka-mereka yang mampu menyelami seribu makna dan kandungan yang tersirat dalam setiap barisan-barisan kata yeng membentuk menjadi sebuah paragraph hingga tersusun menjadi sebuah buku yang sangat fenomenal.

  • 40. anty  |  October 17, 2008 at 4:42 am

    assallamu’allaikum wr wb ….
    subhanallah entah apa yang ada dalam benak saya setelah selesai membaca novel episode 1 ketika cinta bertasbih, yang bisa saya selesaikan dalam waktu 1 hari, namun perenungan isi dari novel tersebut memakan waktu hingga saat ini, dimana saya merasa dibukakan hati dan pikiran saya, bahwasanya kita sebagai manusia hanya bisa berencana mungkin Allah SWT yang maha kuasa yang memutuskan segala perkara…..
    bagaimana menjadi seorang yang ikhlas,,,,,,
    sukses selalu untuk kang abik, semoga Allah SWT memudahakan segala urusan kang abik. amin yaa rabbal allamin ….

  • 41. anty  |  October 17, 2008 at 4:43 am

    assallamu’allaikum wr wb ….
    subhanallah entah apa yang ada dalam benak saya setelah selesai membaca novel episode 1 ketika cinta bertasbih, yang bisa saya selesaikan dalam waktu 1 hari, namun perenungan isi dari novel tersebut memakan waktu hingga saat ini, dimana saya merasa dibukakan hati dan pikiran saya, bahwasanya kita sebagai manusia hanya bisa berencana namun Allah SWT yang maha kuasa yang memutuskan segala perkara…..
    bagaimana menjadi seorang yang ikhlas,,,,,,
    sukses selalu untuk kang abik, semoga Allah SWT memudahakan segala urusan kang abik. amin yaa rabbal allamin ….

  • 42. acnieluvy  |  October 19, 2008 at 1:44 pm

    saya membaca novel ep.2 selama beberapa hari, tapi meski begitu saya tetap bisa mengikuti jalan ceritanya. subhanallah…dan alhamdulillah…novel tsb telah banyak memberi saya pelajaran hidup. dengan membacanya, saya jadi sadar bahwa sebagai manusia biasa…betapa masih banyaknya kekurangan saya. masih banyak yg harus saya benahi dalam kehidupan saya. untuk ini saya amat berterimakasih kepada penulis. karena secara tak langsung beliau sudah membantu saya untuk lebih membuka matahati untuk lebih melihat segala keagungan dan kuasa Tuhan, Allah Waa ja’laaa…selain itu, novel ini mampu membuat airmata saya menetes…tatkala ibunda Khairul Azzam meninggal dunia tepat menjelang hari pernikahan putra tercintanya.saya membayangkan, bagaimana kalau itu terjadi pada saya? Astaghfirullah…semoga itu tak akan terjadi. dan dengan novel ini pun…saya merasa lebih bersyukur telah dipertemukan dengan seorang laki-laki yang insya alloh shaleh dan kelak menjadi pendamping hidupku. amiin…mohon doanya saja.
    sekali lagi terimakasih Kang Abik.

  • 43. hani  |  October 25, 2008 at 7:41 am

    aku pengin bisa bangkit akupenggin banget bissa nulis novel yang sukses kaya bang abi coz aku penggin memperbaiki hidup

  • 44. azzaq  |  October 26, 2008 at 4:59 am

    Novel KCB memang penuh perjuangan hudup.

  • 45. Rossy  |  December 19, 2008 at 5:56 am

    Sepertinya cerita tentang Novel “Ketika Cinta Bertasbih” ini bgus dan isinya bisa di jadikan pelajaran dalam menjalani kehidupan ini
    Klu leh tau msh lama kah filmx akan di tayangkan?

  • 46. Ayas  |  January 16, 2009 at 1:29 am

    Wah…….? Ayas senang sekali baca novel Ketika Cinta Bertasbih. Alhamdulillah cerita tersebut memberikan buayak pegalaman dan penuh perjuangan untuk menggapai Cita Cinta Azzam. Sehingga dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran buat Ayas dalam menjalani kehidupan ini dengan semangat.
    Buruan dong filmnya ditanyangkan…..! -:)

  • 47. ika noor aini  |  January 21, 2009 at 5:52 am

    saya palinng suka novel ini. bagus eeeuuuui………………………………..

  • 48. DINIA  |  February 25, 2009 at 5:19 am

    hM… EMANG BAGUS BGT NOVEL KCB INI, TAPI SAYANG MASIH ADA SAMBUNGANNYA JADI BT KELAMAAN NUNGGUNYA….. HAHA…. GIMANA KISAH ANA DAN AZZAM SELANJUTNYA YA….

  • 49. melli  |  March 6, 2009 at 3:03 am

    Saya sangat senang skali dengan novel ini, jalan cerita nya Ok bangat,membuat saya sampai tersentuh, pokoknya mantap habis……. Kang abik saya fans berat novel-novel anda

  • 50. T ZULFITRA R  |  April 4, 2009 at 1:49 pm

    SUBHANALLAH…….DAHSYAT POKONYA SAYA SAMPAI BERLINANG AIR MATA KETIKA MEMBACANYA….
    SUKSES AJA BUAT KANG ABIK

  • 51. Natalis  |  April 6, 2009 at 11:59 am

    Bagus skali novelnya

  • 52. ocky dikria  |  April 17, 2009 at 2:37 am

    oke bgt………….
    tpi knpa bsa lbih tnaran ayat-ayat cinta.?
    pdhal klo mnurut q lbih bgusan ini lho.

  • 53. Syifa  |  April 28, 2009 at 4:07 am

    Aslamualaikum w.w
    aku dari Padang
    aku takjub banget ama azzam yang berkorban demi adiknya, Pokoknya novel ini top banget dech. maju terus ya buat ak abik

  • 54. dina dan ayu  |  May 24, 2009 at 6:53 am

    assalamualaikum…….ikhwan dan akhwat smuanya yang da di mana za……aku dina dan ayu di lampung , kami berdua adalah penggemar karya-karya kang abik..novel-novel yang d bwt ma kang abik sungguh bagus dan mendidik bangtz bwat kami di sini, palagi kami masih skolah,dengan membaca novel dari kang abik kami banyak menddapat plajaran,dan kesadaran.
    kami tunggu karya-karya lainnya dari kang abik yang membuat kami sadar…..wassalam

  • 55. yeni  |  May 26, 2009 at 12:03 pm

    Askum….kang abik novelnya bisa buat q berubah

  • 56. Anonymous  |  May 27, 2009 at 11:37 am

    hehehehehehehehehehehhehehehee………

  • 57. dede dan lida  |  May 30, 2009 at 2:03 am

    assalamualaikum.
    kang abik kami dari lampung.salah satu penggemar novel karya-karya kang abi.k kami berterima kasih pada kang abik yang telah mendidilk kami melalui karya-karyanya. dalam novel ketika cinta bertasbih kami sangat terpesona dan terharu.kami merasa seperti di guna2i. novel kang abik is the best.

  • 58. Akrom  |  June 7, 2009 at 1:37 pm

    Asalamualaikum, sunguh saya tidak percaya yang kang Abik buat itu sungguh bagus dan kata-kataNya sangat indah, dan saya kagum sama kang Abik, mudah-mudahan saya bisa jadi seperti kang Abik, dan jadi penulis novel terbaik seperti kang Abik.
    wasalamualaikum wr. wb.

  • 59. sely  |  June 9, 2009 at 10:03 am

    assalamualaikum wr. wb
    aku bangga banget sama karya-karyanya kang abik semua kata-kata yang tertulis dinovel yang beliau buat seakan akan dapat tergambar dengan jelas dibayangan sang pembaca. sosok seorang fahri dan azam dalam novelnya pasti sangat didambakan oleh setiap wanita. semoga kang abik sukses dan selalu menampilkan karya yang terbaik.
    amin.

  • 60. Farid  |  June 11, 2009 at 2:13 am

    Luar biasa…Dulu waktu baca AAC semangat belajarQ jd meningkat,sekarang setelah baca KCB Q jadi semakin enggan tuk menyia-nyiakan waktuQ, Q lebih banyak belajar dan belajar. Q jadi tambah yaqin bahwa dengan ILMU hidup dan semuanya jadi lebih mudah. Untuk Kang Abik, Sukses selalu ya…..!

  • 61. Hasalika Nurjannah  |  June 13, 2009 at 2:45 am

    Novel bagus bgt sampai2 aq ketagihan memebaca lebih dari 1x loh! oh yah aq mau tanya di mana fadhil hafez ama cut mala kok nggak ada sih d kcb 2 lalu latar nya jg knapa d indonesia knapa nggak d mesir aja

  • 62. zay  |  June 15, 2009 at 6:41 am

    novel ini memang sangat bagus bahkan saya menunggu movie yang ke2.

  • 63. yenni andriyani  |  June 16, 2009 at 4:56 am

    bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
    banget…………………………………………………………………….

  • 64. DINY  |  June 17, 2009 at 6:22 am

    Kang Abik emang paling pinter klo bikin novel Religi, semua novelnya menyentuh hati, apa lagi yang baru ini yang filmnya baru keluar, pokoknya the best bgd bwt Kang Abik
    sukses terus yaaaaa …..

  • 65. keple  |  June 18, 2009 at 1:31 pm

    bagus bgt novelx…………….

  • 66. fatimah  |  June 20, 2009 at 1:45 am

    novel KCB nech kereeeeeeeeeen bangeetttt!!!!!!!!!

  • 67. Putri  |  June 24, 2009 at 1:18 am

    saya sudah membaca novel ayat-ayat cinta tapi untuk KCB saya belum pernah baca, tapi melihat sebagian cerita diatas saya terharu dan pengen cepat-cepat beli novel KCB dan membacanya langsung

  • 68. 11m  |  June 26, 2009 at 5:40 am

    yang pertama sih agak blibet…gtuuuuuu
    tapi mantaaaaaaap…abiz

  • 69. ika  |  July 1, 2009 at 6:19 am

    wduh…. seru bnget alur critanya…
    jd kpingin ne nontonnya lg di bioskop… yg season ke 2..

    oia… novelnya jg ada y…
    pengin beli ne…

  • 70. ara  |  July 5, 2009 at 7:50 am

    mnURUTq ne novel buaguSZ bGt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 71. junicKa  |  July 11, 2009 at 3:19 am

    baGuuuuuuuusss sKali noVeL nya……

    sMo6a suKsess

    saLLLLLlaaaaaaaammmmmmmmmmmm.,,,,,,,,,,

    Junicka……….

  • 72. khusna kurotu aeni  |  July 16, 2009 at 4:53 am

    Ass…Menurut saya novel KCB is very goooooooooooooddd
    Apalagi tokoh Azzam yang sabar dalam menjalani hidup dan yang paling penting jiwa enterpreneurship. ok!

    sAlam Wat semwa pemain KCB…
    by : Khusna 23

  • 73. ocha  |  July 23, 2009 at 5:50 am

    assalamualaikum wr.wb

    sungguh,,,,,,, novel ini sangat menyentuh hati
    tapi sayang eps 2 na lbum bca,,,,???????
    kenapa g’ diceritain mua sech kisah ma ge na,,,,,????

  • 74. phyda  |  July 24, 2009 at 3:35 am

    sedih dech novelnya cuma aku kasihan ma furkon aja

  • 75. erlint mosog  |  August 6, 2009 at 9:23 am

    novel na is the best……….
    agku suka beuth…..
    kpan filmna tayang dtv…..
    cz kasihan org yg gag pny uang trs mzt hrs kBioskop……
    eah moga ajjah cepet ditayangin…..

  • 76. eq  |  August 11, 2009 at 4:36 am

    aq dah nntn flmnya,pkkny TOP BGT….bagi qu da makna tersndri bwt hdp qu dgn ssorg yg da d hati qu…klo kat org” qu mirip Anna Antalafunisa he…..

  • 77. agung  |  August 14, 2009 at 9:43 am

    Subhanallah…bener-bener novel yang membangun jiwa……dan membuat pembacanya…hatinya menjadi gerimis………

  • 78. phyda  |  September 3, 2009 at 9:08 am

    aku dah nonton filmnya. baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus banget. ternyata kehidupan itu nggak segampang dan semulus yang kita bayangkan dan untuk memperoleh sebuah kesuksesan kita harus melalui banyak rintangan. dan buat yang udah sukses harus selalu bersyukur. film ini buat aku sadar kalau nggak selamanya yang kita harapkan dan inginkan itu bakal jadi seperti yang kita inginkan.

  • 79. ANNISA & VENDIKA  |  September 5, 2009 at 3:00 am

    ass teryata islam juga punya cinta yg sesuguhnya seharusnya anak remaja jaman skr harus belajar dari cerita ini karena novel nya yang sangat bagus kita juga bisa belajar dari sana karena semua orang punya cinta sdan punya keiginan karena itu aku sama pacar ku baru sadar kalau kehidupan pun itu teryata enggak segampang yang kita bayakan karena ada seribu rintagan yg ada seharusnya kita turut bersyukur sdan saya megucapkan bayak terima kasih kepada semua yg telah mambut cerita ini salam manis. ANNISA & VENDIKA DARI PALEMBANG

  • 80. lia  |  September 8, 2009 at 5:21 am

    kang abik kapan dong novel barunya dirilis kmai dah nuggu ni……….

  • 81. sinta dewi  |  September 12, 2009 at 3:14 am

    ketika cinta bertasbih sangat bagus bahkan dapat memberikan motivasi untk lebih berkarya dengan baik di bidang islami.pokoknya keren buuuuuuuuangeyt

  • 82. tina  |  September 16, 2009 at 1:22 pm

    Ketika cinta bertasbih ok buangetsssSsssssssssss………….!!!!!!!!!!!

  • 83. RYAN  |  September 18, 2009 at 8:01 am

    BAguus BAngettttt smpai buang tisu sekotak hehehehehehehehehehehehe…….!!!!!!!!!????? sedih bangettttttttttttttt

  • 84. poetra  |  September 21, 2009 at 9:38 am

    top.

  • 85. rere  |  September 24, 2009 at 6:49 am

    setelah saya membaca novel ketika cinta bertasbih, menurut saya betula -betul hebat dan sangan luar biasa !!!

  • 86. SAMURI  |  October 1, 2009 at 9:50 am

    saya salah satu penggemar buku ketika cinta bertasbih

  • 87. SAMURI  |  October 1, 2009 at 9:51 am

    saya sangat salut dengan KCB

  • 88. SAMURI  |  October 1, 2009 at 9:53 am

    DENGAN MEMBACA BUKU KETIKA CINTA BERTASBIH SAYA MERASA BERADA DI KOTA SERIBU MENARA

  • 89. hazirah  |  October 7, 2009 at 4:46 am

    cerita ini bagus banget.

  • 90. ahmad bakri  |  October 13, 2009 at 2:19 pm

    kasihan kalau kita cuma bisa baca ”””””

    kapan ya kita bisa ikut kyak gitu

  • 91. ulfi  |  October 23, 2009 at 4:50 am

    aduuuuuuuuuuCh jd pEnasaran
    nUi……….

  • 92. Anonymous  |  October 25, 2009 at 12:50 pm

    aku sangt suka bngtz dg kcb

    ……………………..
    …………

  • 93. ain  |  October 25, 2009 at 12:54 pm

    love you full kcb

    ………
    ……

  • 94. Feby  |  October 27, 2009 at 11:30 am

    I Love You Full !!! Keren bngtzZ untung smpat nonton film’y, klo gak nyesal

  • 95. isma  |  November 4, 2009 at 6:41 am

    bagus juga,tapi kayaknya masih ada yang kurang deh.

  • 96. fatma  |  November 8, 2009 at 5:17 am

    subhanallah…………….
    bagus bgt,smpe2 aq terinspirasi ma tokoh azzam
    tolong donk bg smua fans novel ust.habib bwat kmunts di face book
    ju2r aq blm bc novel KCB 2,n di daerah aq jarang yg punya novel ini
    tolong donk bg tmn2 yg punya pinjmi,aq dah tau critanya tp blm bc novelnya scr langsung……….

  • 97. aZhura  |  November 14, 2009 at 12:54 am

    WacH . . . .
    sEru bDg fLimx , wKtu aku Nunt di biOskop hUuFtTtT SErUUUUUuuuuuuuuu bGd . . .

    JiDY PgN KyK “MBaG aNa”

  • 98. rEre  |  November 14, 2009 at 1:07 am

    SubhAba-aLLah . .
    flimnya bagus . . .
    aKu LovErs bdg De ma _KcB_
    bnEr de . .
    lo gag nunton NYESEL BANGED . . . ..

  • 99. aguz  |  January 24, 2010 at 4:44 am

    harus nangiz ketika harus baca novel ini karna sangat baguz

  • 100. LingGa  |  March 7, 2010 at 5:14 am

    wuuuuuuuuuiiiiiiiiiiihhhh. . . .

    geeeLLLLaaaa bEnEr!!!!!!!!!!

    gw sAlut ma eanG biKin n0veL ne….
    kata2na menyeNtuh haTi b9t ciiiE

    l0e eang Lom bc t0w liAt psTi nyEseL b9t deCh!!!!!!!

    9w saRaniN cPt l0e noNton tow liAt

    oooCCCCllleeee?????????????

  • 101. LingGa  |  March 7, 2010 at 5:17 am

    wuuuuuuuuuiiiiiiiiiiihhhh. . . .

    geeeLLLLaaaa bEnEr!!!!!!!!!!

    gw sAlut ma eanG biKin n0veL ne….
    kata2na menyeNtuh haTi b9t ciiiE =)

    l0e eang Lom bc t0w liAt psTi nyEseL b9t deCh!!!!!!!

    9w saRaniN cPt l0e noNton tow liAt

    oooCCCCllleeee?????????????

  • 102. DENDY  |  April 10, 2010 at 9:39 am

    IS VERY GOOD…..I VERY LIKE READ IT’S NOVEL

    DI TUNGGU YG TERBARU’A…………….

  • 103. dita  |  April 10, 2010 at 1:52 pm

    it’s vry good novel bikin motivasi ke kairo naik

  • 104. dita  |  April 10, 2010 at 1:55 pm

    novelnya itu bkin orang nangislho klo gak percaya baca aq dah bca 5kli

  • 105. siswanto  |  April 11, 2010 at 10:28 am

    saya sangat senang dengan novel kcb,peran masing-masing tokoh sangat menonjol dalam novel tersebut…………

    jujur ketika saya membaca novel ini tanpa saya sadari saya menjatuhkan air mata tak tau kenap…………..a
    saya sadari karangan habiburahman begitu melekat dalam batin saya……..
    jika saya diperbolehkan memohon saya mohon terbitkan episode ke 2 secepat mungkin ya……………………

  • 106. nurul zubad  |  April 12, 2010 at 6:38 am

    t’ ada kata yang bisa q ucapkan kecuali…………..
    filmnya bagus baget deh.????????????

  • 107. anisa  |  April 14, 2010 at 3:25 am

    ada yg dr solo atau sekitarnya ga?
    kalo boleh tau ada yg punya novel atau kaset CDnya bolehkah saya meminjamnya? (miskin amat ni orang ya sampai berani minkem lewat internet) kalo ada KCB 1 dan 2 kalo kasetnya yg KCB 1 aja

  • 108. alli  |  May 15, 2010 at 2:11 am

    bagus liriknya mudah di megeri setiap orang yang igin membca nofel ketikacinta bertasbih….ook beggggettt deaccc…

  • 109. aini zakiya  |  May 18, 2010 at 2:31 pm

    nangis wktu bue azzam meninggal.perasaanya gmna tuh?

  • 110. fera  |  June 25, 2010 at 1:21 am

    aku sangat suka dengan novel karya2 kang Abik.
    apalagi novel dwilogi KCB 1 & 2.
    kisah yang menarik dan sangat menyentuh jiwa.
    memberikan banyak pelajaran berharga tentang hidup.

  • 111. syukron  |  July 3, 2010 at 12:58 pm

    cerpen yang begitu menguras air mata..

  • 112. syukron  |  July 3, 2010 at 12:58 pm

    buat kang abik ku tunggu novel2 selanjutnya………..

  • 113. Kienah  |  July 21, 2010 at 6:34 am

    Duuh…. ternyata KCB toe Asyieek yaA a a a …….. jdi Penaen dPat Pendanpina Kya Ka azzam …. xixixi

  • 114. Kienah  |  July 21, 2010 at 6:38 am

    Heeey ….. wuet sObat eanG PeNNgeeeennnn Liat KCB, TuNgGu tanggal 24 juli ….Nonton yaaaaa biar BarenG m’ aku ……… key gueyssss ^_^

  • 115. luthfi  |  September 2, 2010 at 4:08 am

    Wowooooooooooooooo Banyak mengandung inspirasiiiiiiiiiiiiiiiii

  • 116. nilam  |  September 15, 2010 at 4:27 am

    aq pingin punya kisah cnta kaya gitu loh

  • 117. fajar indra  |  September 21, 2010 at 12:54 pm

    aq ingin punya kisah cinta berlumurkan islam kayak gitu lho!!!

  • 118. heru santoso  |  September 23, 2010 at 4:03 pm

    begitu indah tulisan dan cerita dari novel2 habiburahman saya terkesima

  • 119. lutfi fauji  |  October 10, 2010 at 4:45 am

    subhanallah
    saya jd trinspirasi mnjadi seorng azzam
    karena sy sndri skrng sdng kuliah dan sy hrs bkrja smpngn
    krn khdpn kluarga saya krng mampuh mungkn bs di blng
    sprti azzam yaitu hanya orng kmpng dan orng miskin g pnya apa-apa.

  • 120. hirna soca  |  November 11, 2010 at 2:41 am

    bagus ceritanya

  • 121. YanNah Nurr Hasanah  |  November 21, 2010 at 3:47 pm

    subhanallah . . .
    cerita nya begitu mengasikan …

  • 122. nadia alifia  |  January 16, 2011 at 7:50 am

    cerutanya bagus bget deh.. andai azzam bner” ada,,, sosok pria sejati..

  • 123. reen  |  January 29, 2011 at 3:48 am

    bagus bgt dech certanya,, penuh dengan makna menurutku.

  • 124. noeruddien  |  March 27, 2011 at 8:01 am

    aduh… kapan ya gw bisa ktemu ma mereka…… pwengen bgt rasanya…..

  • 125. mahalul kamal  |  June 26, 2011 at 3:39 am

    gue baca novel kcb 2 ne , seakan akan gue yang masuk kedalam novelnya and gue berperan sebagai khairul azzam hee
    gue akui memang sedih .,.,,,..,..,. 100% gue akui

  • 126. Anonymous  |  December 10, 2011 at 12:26 pm

    SETANDING DENGAN NOVEL NOVEL LUAR BAHKAN LBIH HEBAT

  • 127. hanifah nasa  |  February 7, 2012 at 5:35 am

    kcb fuullz azexz bnget nilai yang terkandung di dalamnya

  • 128. Sandika Agung Maulana Putra  |  June 20, 2012 at 4:39 am

    HMZZZ ,,, Kisah Nya Menyentuh Hati Bangett m,,, ditunggu yha cerita Na yg slanjutnya ,,,,

  • 129. Maimun Fp  |  August 1, 2012 at 6:02 pm

    Cerita,a Bgus Bngat..gw Salut Sma Sosok Azzam.meski Pun Hidup Dalam Perantoan Tpi Bisa Menguliyah Kan Adik,a Hasna..andai Saja Aq Bisa Seperti Mas Azzam Pasti Keluarga Gw bangga.

  • 130. ayank  |  September 10, 2012 at 7:27 am

    hm bagus lah

  • 131. ilham  |  November 29, 2012 at 2:50 am

    hiiii ikut donk…….
    ikut ngoment :)

  • 132. marzuky  |  December 1, 2012 at 9:05 am

    sungguh keren…..
    novel ini menceritakan tentang seseorg pemuda yg rela meninggalkan pendidikannya demi menghidupi dirinya and ibunya….
    pokok e keren deh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 305,032 hits
February 2008
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Dukunganku Untuk :

Image Image

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: